Jumat, 24 September 2010

tugas geografi

Fisis Posibilis
Teori ini mengungkapkan bahwa manusialah yang mempengaruhi alam. Teori ini memandang manusia bersifat lebih aktif dan alam bersifat pasif. Teori ini ditemukan oleh Fredrich Ratzel.

a. Contoh Negatif dari Teori Posibilis
Penebangan hutan secara ilegal tanpa adanya tanggung jawab dalam pembenahan hutan yang telah gundul tersebut yang mana dapat menyebabkan punahnya flora dan fauna yang hidup didalamnya.
Penggunaan kendaraan bermotor berlebihan serta pembuangan asap pabrik yang menghasilkan gas beracun bertebaran kemana mana, sehingga membuat lapisan ozon menipis yang dapat memicu terjadinya global warming yang berefek pada masa depan.
Manusia melakukan pembuangan sampah sembarangan yang menyebabkan kumuhnya ekosistem di bumi dan ini adalah yang paling sering manusia lakukan.
Penangkapan ikan menggunakan pukat harimau atau racun juga bom dll. sangat membahayakan ekosistem laut.

b. Contoh Positif dari Teori Posibilis
Manusia melakukan reboisasi pada hutan yang gundul ini akan sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
Pemerintah kota Balikpapan, sangat antusias akan keindahan lingkungan demi terwujudkan program adiwiyata yang di laksanakan di Indonesia. Program yang bermanfaat bagi nusa bangsa ini di kembangkan oleh pemerintah kota Balikpapan dengan menjalankan berbagai program ke sekolah-sekolah, penyuluhan serta pengikut sertaan warga dalam segala penggalangan yang berniat meningkatkan program tersebut.
Mulai dari penanaman 1000 pohon, pembuangan sampah pada tempatnya, penanggulangan sampah , dan berbagai macam cara lainnya demi meningkatkan program adiwiyata. Bahkan pemerintah mengadakan program sekolah adiwiyata demi meningkatkan rasa cinta lingkungan terhadap anak-anak muda yang akan menjadi penerus bangsa.
Kesimpulannya ialah manusia juga dapat mempengaruhi lingkungan, sehingga bukan hanya lingkungan yang dapat mempengaruhi manusia.

Fisis Determinis
Teori Fisis Determinis yaitu teori yang mengungkapkan bahwa alam (fisik) mempengaruhi manusia. Teori ini memandang bahwa manusia bersifat pasif dan alam bersifat aktif.Teori ini dikemukakan oleh Vidal de la Blache.

a. Contoh Negatif dari Teori Determinis
• Ketika terjadi El – NiÑo akibat pergerakan arus laut di Samudra Pasifik yang menyebabkan kebakaran hutan dan kekeringan. Banjir bandang yang terjadi akibat hujan lebat dapat menenggelamkan rumah – rumah penduduk dan kekurangan pangan.
• Badai tropis dapat membawa hujan yang sangat lebat. Nama badai tersebut beragam berdasarkan nama samudra tempat badai tersebut berkembang.Hurricane (angin topan) yang berkembang di atas Samudra Atlantik, typhoon(topan) berkembang di atas Samudra Pasifik, dan cyclone (siklon) di atas Samudra Hindia.
Kesimpulannya ialah dalam paham ini alam tidak tunduk pada manusia, alam yang memegang kendali akan kehidupan manusia dan manusia tidak bisa melawannya.

b. Contoh Positif dari Teori Determinis
• Penduduk yang tinggal di daerah pegunungan sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani sayuran atau perkebunan karena kondisi alamnya yang baik untuk mengembangkan pertanian dan atau perkebunan. Sedangkan penduduk yang tinggal di daerah pesisir pantai sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan atau petani tambak karena posisinya yang dekat dengan laut.
• Ketika gunung berapi meletus, ia akan memuntahkan abu dan partikel mineral lainnya. Hal tersebut dapat menyuburkan tanah di sekitarnya. Tanpa pemberian pupuk, tingkat kesuburan tanah yang terkena partikel mineral ini akan berbeda dengan tanah yang tidak mendapat partikel muntahan gunung berapi ini.
• Penduduk yang tinggal di daerah pegunungan memiliki bentuk rumah dengan ventilasi sedikit untuk menjaga kehangatan. Mereka memakai pakaian tebal karena suhu udara yang dingin, dan akses menuju tempat tersebut sangat jarang. Bagaimana dengan penduduk di dataran rendah dan lembah? Rumah penduduknya memiliki banyak ventilasi agar angin banyak masuk ke dalam rumah. Pakaian yang mereka kenakan terbuat dari bahan yang tipis dan mudah menyerap keringat. Dan transportasinya sangat banyak dan mudah didapat.
Kesimpulannya ialah bahwa teori fisis determinis atau alam mempengaruhi manusia merupakan sebuah paham yang beredar di daerah Indonesia, dimana alam menjadi sumber mata pencaharian masyarakat setempat dan mereka bergantung pada alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar